Tugas Akhir

Tugas Akhir (Final Project) adalah tahapan akhir dari proses pembelajaran di Universitas.

Banyak yang menjadi bingung kenapa tahapan akhir seorang mahasiswa S1 seperti saya tidak melakukan skripsi? Karena memang yang Saya lakukan adalah Desain bukan penelitian.

Di tahun 2015, skripsi masih menjadi wacana di jurusan Saya, mungkin di tahun ini atau beberapa tahun yang akan datang wacana skripsi dapat direalisasikan. Sehingga akan ada pilihan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menentukan langkah kelulusannya, melakukan penelitian (skripsi) atau desain.

Tapi bukan berarti Saya tidak melakukan penelitian di sepanjang perkuliahan. Penelitian seperti skripsi telah saya lakukan pada semester 6, dengan mata kuliah Seminar. Mata kuliah seminar ini hanya berbobot 2 SKS, tapi beban pelaksanaannya sangat sangat menyerupai skrip (bahkan dilengkapi dengan proses sidang pula -___-) dan harus diselesaikan dalam waktu 3 bulan bila tidak ingin mengulang di semester berikutnya atau di tahun depan.

Padahal di semester 6 ini beban mata kuliah yang lain juga masih banyak T___T.

Kembali ke Tugas Akhir. Saya melakukan desain untuk Pasar Jombang, Tangerang Selatan. Bila kita googling Pasar Jombang ini, yang akan ditemui adalah portal berita kebakaran. Ini salah satu alasan Saya untuk mendesain pasar ini. Walaupun pada perjalanannya dari awal hingga akhir desain yang Saya lakukan masih banyak kekurangan dan jauh dari ekspektasi awal. Dan tidak akan bisa dibandingkan bahkan disejajarkan dengan produk desain teman-teman yang lain.

Tapi, Saya tetap bersyukur desain ini mampu meluluskan Saya dari jenjang S1.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s